𝐏𝐮𝐬𝐚𝐭 𝐋𝐚𝐭𝐢𝐡𝐚𝐧 𝐓𝐢𝐦𝐧𝐚𝐬 𝐏𝐒𝐒𝐈 𝐝𝐢 𝐈𝐊𝐍 𝐒𝐢𝐚𝐩 𝐃𝐢𝐫𝐞𝐬𝐦𝐢𝐤𝐚𝐧 𝐃𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐈𝐧𝐨𝐯𝐚𝐬𝐢 𝐃𝐨𝐫𝐦𝐢𝐭𝐨𝐫𝐢 𝐁𝐞𝐫𝐬𝐭𝐚𝐧𝐝𝐚𝐫 𝐈𝐧𝐭𝐞𝐫𝐧𝐚𝐬𝐢𝐨𝐧𝐚𝐥

    


Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Federation Internationale de Football Association (FIFA), Gianni Infantino, dijadwalkan meresmikan Pusat Pelatihan Timnas PSSI di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada pertengahan Oktober 2024. Pusat pelatihan ini dilengkapi dengan fasilitas modern, termasuk dormitori atau asrama yang akan digunakan sebagai tempat tinggal bagi para pemain selama menjalani pemusatan latihan di IKN. 

Salah satu bagian krusial dari pembangunan Pusat Latihan Timnas PSSI ini adalah dormitori yang terus dikebut pengerjaannya. Dormitori tersebut dibagi menjadi dua bagian; dua tower yang dibangun dengan dukungan pembiayaan dari FIFA, serta dua tower lainnya yang dibangun oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Terletak berdampingan, kedua dormitori ini dirancang untuk menyediakan fasilitas terbaik bagi para pemain. Desainnya mengikuti standar Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR. Proses pembangunan dormitori ini menggunakan teknologi konstruksi terbaru, yaitu modular volumetric, yang memungkinkan pembangunan lebih cepat dan efisien. 

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto, menjelaskan bahwa pihaknya terus berupaya menyelesaikan pembangunan dormitori tersebut dengan teknologi terbaik. “Kami mengimplementasikan teknologi modular volumetric dalam pembangunan dormitori pemain Timnas PSSI di IKN. Pembangunannya dilaksanakan oleh PT Adhi Karya dan APG,” ujarnya pada Selasa (1/10/2024).

Dormitori yang dibangun oleh Kementerian PUPR terdiri dari dua lantai, dengan total 41 kamar yang dilengkapi dengan 69 tempat tidur. Fasilitas ini akan menampung pemain, pelatih, serta official Timnas PSSI. Setiap kamar dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti tempat tidur, kasur, bantal, lemari pakaian, dan kamar mandi. Hal ini diharapkan mampu menunjang kenyamanan para pemain selama menjalani pemusatan latihan di IKN.

Timnas Indonesia U-20, yang telah memastikan tempat di Piala Asia U-20 2025 di China, akan menjadi salah satu tim pertama yang memanfaatkan fasilitas ini. Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, bersama Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, memastikan bahwa skuad Garuda akan menjalani latihan di Pusat Pelatihan Timnas di IKN ini sebagai persiapan menuju turnamen tersebut. 

“Nantinya Timnas Indonesia U-20 yang telah memastikan tiket ke Piala Asia U-20 2025 akan menggunakan dormitory yang dibangun oleh Kementerian PUPR. Kami berharap fasilitas ini bisa menjadi markas Skuad Garuda di masa depan,” kata Indra Sjafri. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

JOKOWI UCAPKAN SELAMAT HARI ULANG TAHUN TNI ANGKATAN UDARA KE-77

GANJAR PRANOWO CEK PERSIAPAN MISA PASKAH DI GEREJA SANTO ANTONIUS

Mantap! Forum G20 Jadi Sarana Indonesia Mempercepat Transformasi Digital